A K A N U S A N T A R A

Akademi Komunitas Nusantara

Akademi Komunitas Nusantara (AKN) lahir pada tanggal 22 September 2017. Lembaga pendidikan fasilitator ini diinisiasi oleh tim Community Development, Sekolah Relawan. Tim yang dulu bermarkas di Jl. Sulawesi, Perum Depok Utara, Beji ini memiliki gagasan kuat terkait pendidikan fasilitator pendamping masyarakat yang profesional.

Agenda tentang kemandirian, pemberdayaan atau program yang sifatnya berkelanjutan harus didukung oleh pengetahuan serta keterampilan yang terlatih. Kekayaan alam serta potensi sumber daya manusia yang ada juga harus dibersamai dengan baik. Oleh karena itu, AKN bersama dengan para pakar di bidang pengembangan masyarakat merumuskan untuk mengedukasi kebutuhan fasilitator baik yang dibawah naungan instansi pemerintah maupun non-pemerintah.

Saat ini AKN bertempat di Jl. Kalimantan Raya, No.15B, Beji-Kota Depok. Sudah berlangsung sampai batch IV di tahun 2020 menjadikan AKN senantiasa berproses untuk tetap terus tumbuh. Keberlangsungan kegiatan perkuliahan juga dibersamai dengan aktivitas komunitas di berbagai bidang yang menjadi jembatan antara AKN dengan masyarakat. Publikasi ilmiah serta kegiatan non akademis lainnya juga sudah mulai berlangsung dalam kegiatan yang dikelola pengurus kampus.

Visi

Menjadi Lembaga Pendidikan profesional bagi para fasilitator untuk mewujudkan peradaban yang lebih baik melalui bidang pengembangan masyarakat pada tahun 2025

Misi

  • Memberikan edukasi terencana oleh para pakar pengembangan masyarakat dengan metode partisipasi aktif.
  • Menjadi pusat pelatihan pengembangan masyarakat dengan menghadirkan kuliah-kuliah umum atau paket pelatihan fasilitator.
  • Membuat dan mengembangkan riset secara berkala sebagai bahan publikasi.
  • Membuat jejaring sosial yang kuat dengan lembaga/institusi untuk relasi yang saling menguntungkan.
  • Menjadi wadah diskusi bagi komunitas yang membutuhkan sebagai penjembatan antara kampus dengan masyarakat.
  • Warna Emas memiliki arti sebuah pencapaian besar, prestasi, kesuksesan, sesuatu yang bernilai yang perlu digali dan ditempa dalam diri setiap individu.
  • Simbol Daun Adalah simbol komponen yang hidup dan tumbuh. Bermakna mendorong untuk tetap tumbuh, hidup dan berkembang dengan semangat dan energi yang tetap segar.
  • Simbol Gunungan: Melambangkan sebuah karya yang menginspirasi dalam tatanan masyarakat Indonesia.